Tuesday, May 26, 2009

Usum Tandur


Sekarang di daerah Uing lagi usum tandur. Tahu apa yang di maksud usum tandur? klo yang berasal asli dari Karawang pasti tahu. Usum Tandur yaitu adalah musim penanaman bibit padi. Usum tandur adalah musim yang sangat sibuk bagi mereka yang punya sawah dan para buruh tani.

Tandur, dulu waktu Uing kecil sangatlah menyenangkan. Tandur di lakukan secara gotong royong tanpa upah. Jadi klo ada tetangga yang melakukan tandur, Uing jadi bisa bermain-main Letak (lumpur sawah). Yang paling enak adalah setelah Tandur, makan nasi timbel di sawah. Wueiih enak banget. Sekarang mah sudah laen. Tandur sudah bersifat komersil. Tandur sudah jadi mata pencaharian bagi buruh tani.
Tandur di lakukan oleh sekelompok orang biasa disebut Rombongan Tandur, yang dipimpin oleh seorang Kepala rombongan. Tugas Kepala rombongan Tandur sebagai kordinator pekerjaan dan pencari order ke pemilik sawah. Anggotanya adalah para buruh tani. Satu rombongan biasanya beranggotakan sekitar 30-50 orang. Tarif tandur untuk 1 Hektar sawah sebesar 500 Ribu. Mereka bekerja dengan sistem borongan. Pemilik sawah hanya menyediakan kue dan air minum alakadarnya.

Pendapatan rombongan tandur tergantung berapa luasnya area Tandur yang berhasil dilakukan hari itu.Pekerjaan sebagai buruh tandur mungkin bagi kita, termasuk uing adalah hina dan tidak menjanjikan. Tapi berkat mereka orang-orang kota sampai sekarang bisa makan nasi!. Cuma satu yang Uing bayangkan, bagaimana klo mereka sudah tidak ada, soalnya generasi penerus untuk buruh tandur sangatlah sedikit...Mungkinkah Tandur di lakukan oleh Robot?
WallahuAlam